Pengertian dan pengaruh demam berdarah dengue

 

Demam berdarah dengue atau dapat disebutnya DBD adalah penyakit yang terjadi karena nyamuk yang memiliki virus dengue, penyakit yang dapat menular secara cepat. Adanya penularan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus. Pada tahap awal akan mudah di ketahui dengan gejala demam tinggi, ruam kemerah-merahan di seluruh tubuh, dan nyeri pada bagian otot dan sendi dan penyakit tersebut memiliki tingkatan yang parah yamg dapat disebut dengan sebagai dengue hemorrhagic fever (demam dengue),  memberikan dampak  perdarahan secara serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba shock sewaktu-waktu juga dapat menyebabkan  kematian. Keadaan pada virus bisa menyerang juga bisa menular melalui gigitan nyamuk tersebut pada kedua jenis nyamuk yang sering menjadi penyebab demam berdarah. Penyebab sebenarnya diakibatkan adanya virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk tersebut mendapatkan virus ketika  menggigit seseorang yang telah terinfeksi lebih dulu.  Penyebaran tersebut tidak dapat langsung ke orang-orang tetapi melalui gigitan nyamuk yang membawa virus. Adapun virus yang di bawa nyamuk  menyebarkan siapa saja akan tetapi, risiko serangan penyakit tersebut lebih tinggi pada bayi yang baru lahir juga orang yang sudah lanjut usia usia dan individu.

READ  Cara mengobati dan mencegah demam berdarah dengue

Diagnosis

Suatu kondisi dimana harus melakukan diagnosa agar dapat mengetahui gejala penyakit Demam berdarah dengue dengan memberikan pemeriksaan secara fisik serta wawancara medis. Pmeriksaan lain juga di butuhkan, seperti pemeriksaan pada darah lalu masuk dalam  laboratorium. Komplikasi juga dapat memberikan pengaruh pada penyakit tersebut menyebabkan gejala dan tandanya antara lain:

  1. Tanda perdarahan, adanya gusi yang berdarah, perdarahan di bawah kulit, muntah hitam pekat, batuk di sertai darah, maupun buang air besar dengan menyerupai warna kehitaman. Ini harus segera di tangani kemungkinan kondisi yang terus menerus membuat tanda memburuk tubuh.
  2. Tekanan darah menurun, tingkat lemas juga di perkirakan adanya darah rendah yang mengalami siklus cepat disertai pusing dan tidak sanggup berdiri terlalu lama. Di sebabkan terlalu kelelahan dan lemas pada tubuh.
  3. Kulit terasa basah dan terasa dingin, karena ada sedikit gejala demam dan tanas tinggi juga serasa kedinginan.
  4. Denyut nadi melemah, titik paling akhir serta lemahnya daya tubuh yang mengakibatkan lemas memberikan dampak memburuk. Demam berdarah dengue memberikan titik lemah pada saraf di anggota tubuh.
  5. Buang air kecil menurun dan jumlah urine sedikit, ini di karenakan kekurangan cairan pada tubuh juga air yang di telan sangat sedikit yang menyebabkan buang air kecil menurun mengikuti cairan dalam asupan air yang di minum.
  6. Mulut kering dapat memberikan pengaruh juga menjadi sebab karena kekurangan cairan pada tubuh. Terlihat dari raut wajah akan pucat dan mulut kering ini memberikan tanda untuk segera dilakukannya penanganan secara khusus karena yang sudah mengalami penyebaran virus pada tubuh juga pada pembuluh darah
  7. Sesak napas dan napas tidak teratur, pada demam berdarah akan memberikan dampak secara fisik lemah
READ  Gejala demam berdarah dengue yang harus di waspadai

Penanganan yang tepat dan cepat harus dilakukan ketika penderita sudah mengalami gejalanya. Apabila tidak di berikan penanganan saat sudah dalam kondisi yang serius akan mempengaruhi kinerja pada tubuh khususnya konerja pada organ tubuh akan berdampak mengalami kematian kinerja pasif. Dalam hal ini untuk memberikan dampak baik pada tubuh harus melakukan pemeriksaan secara keseluruhan jadi penanganan akan dilakukan dokter sesuai gejala Demam berdarah dengue yang masuk diagnosa yang sudah mempengaruhi kinerja pada tubuh.

Referensi :

alodokter.com

hellosehat.com

halodoc.com

Referensi gambar

news.okezone.com