Ini Dia Cacar Air Pada Anak Yang Harus Anda Kenali

 

Pernahkah anda mendengar ungkapan bahwa setiap orang pasti akan mengalami yang namanya cacar air sekali dalam seumur hidupnya? Maka dari itu banyak yang merasa beruntung apabila mereka mendapatkan cacar air ketika mereka dalam usia dini. Mereka tidak perlu merasa malu dengan penampilan ketika cacar air datang, karena dianggap sebagai tampilan yang wajar. Karena cacar air adalah salah satu penyakit yang pastinya akan menyerang kulit sehingga membuat penderitaya tidak nyaman dan percaya diri dengan penampilan mereka. Pasalnya, cacar air ini tidak hanya muncul pada area badan saja. Akan tetapi bisa seluruh tubuh terutama pada bagian tangan dan kaki. Dan kondisi ini terkadang bisa menyakitkan, karena sensasi panas dan gatal yang harus diterima oleh penderitanya.

Bagi anda yang menganggap penyakit ini tidak memiliki bahaya apapun, anda harus segera mengubah mindset tersebut. Karena ternyata, cacar air termasuk dalam penyakit yang berbahaya jika cacarnya muncul pada bagian sensitif tubuh manusia seperti mata, mulut, dan area vital lainnya. Yang paling berbahaya lagi, jika cacar air ini menyerang ibu hamil. Maka anda harus segera melakukan penanganan ke dokter. Bisa jadi resiko paling yang dialami oleh ibu adalah dehidrasi, kesulitan dalam bernafas, adanya kekurangan dalam melakukan aktivitas buang air kecil. Dimana jika keadaan ini bertambah parah, akan semakin membahayakan ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan sang ibu.

READ  Pengertian dan pengaruh demam berdarah dengue

Lalu apa sebenarnya cacar air ini? Mengapa ini bisa dianggap membahayakan nyawa seseorang? Cacar air adalah hasil dari infeksi virus varisela zoster. Yang mana menyebabkan penderitanya memiliki bintil yang berwarna merah dan berisi air sehingga bisa menyebabkan gatal dan muncul pada semua bagian tubuh manusia. Jika anda melakukan penanganan yang tepat, anda bisa membuat cacar air ini sembuh dengan sendirinya. Apalagi jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh manusia yang bagus. Biasanya cacar air hanya akan berlangsung selama beberapa hari saja. Sebagai saran agar cacar air tidak menyerang ke bagian tubuh lainnya, jangan anda garuk bintil atau rasa gatal yang anda rasakan. Selain mencegah penularan pada bagian lainnya, anda bisa mengurangi resiko bekas yang akan mengganggu penampilan anda.

READ  Beberapa Penyebab Utama Bronkiolitis Pada Anak

Selain menyerang ibu hamil, cacar air biasanya akan menyerang anak-anak.yang berada pada rentang usia antara 10 tahun ke bawah. Namun bukan berarti orang dewasa tidak akan mendapatkan dampak ini. Bahkan jika cacar air ini muncul ketika anda beranjak dewasa, gejala dan juga dampak yang di timbulkan bisa lebih parah dibandingkan dengan cacar air yang dirasakan oleh anak-anak. Nah, bagi anda yang merasa belum pernah mengalami yang namanya cacar air ini. Mari kita ketahui apa saja penyebab dari cacar air, sehingga kita bisa mencegah penularan ataupun kondisi yang semakin parah.

  1. Adanya kontak secara langsung dengan penderita cacar air. Dalam posisi ini sebaiknya, anda menghindarkan anggota keluarga anda yang terkena cacar air dari aktivitas bersama.
  2. Adanya kontak langsung dengan cairan-cairan yang berasal dari penderita cacar air. Seperti halnya sendok, gelas yang sama, handuk, juga batuk serta bersin dari si penderita cacar. Maka dari itu kalau bisa hindarkanlah barang-barang pribadi si penderita dari jangkauan umum.
  3. Jika anda memegang secara langsung barang yang sebelumnya dipakai oleh si penderita seperti bantal, seprai ataupun baju. Jika siatuasi ini tidak sengaja anda dapatkan. Anda harus segera menggunakan antibacterian atau cairan antiseptik yang bisa membunuh virus, sehingga resiko penularan bisa terhindari. Karena cacar air adalah salah satu penyakit yang sangat cepat menyebabkan penularan.
READ  3 Cara Mencegah Bronkiolitis Pada Anak

Sumber :

www.alodokter.com

www.hellosehat.com