Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Yang Baik Dan Benar

Cacar air merupakan jenis penyakit yang sangat menular,  dan cara mengobati cacar air inipun tergolong tidak mudah jika dilakukan. Biasanya penyakit yang satu ini akan menyerang anak-anak pada usia sekitar 10 tahunan. Akan tetapi tak jarang juga jika penyakit ini akan menyerang bayi baru lahir, ibu-ibu hamil, orang dewasa, remaja dan juga orang tua yang memiliki sistem imun yang sangat rendah. Memang cacar air bukanlah salah satu jenis penyakit dalam kategori penyakit yang kritis. Akan tetapi jika anak anda mulai terkena gejala awalnya seperti muncul ruam merah, bintik merah, dan demam. Salah satu hal yang harus anda lakukan adalah dengan mengkarantina anak anda di dalam rumah. Agar anak anda tidak menularkan virus tersebut kepada orang lain baik yang melakukan kontak langsung maupun tidak.

Berikut ini beberapa cara mengobati cacar air yang bisa anda terapkan kepada anak anda. Agar anak anda tidak akan mendapatkan komplikasi lainnya :

  1. Cobalah untuk meredakan demamnya
READ  Cara mengobati dan mencegah demam berdarah dengue

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan meredakan demam yang anak anda rasakan. Cobalah untuk memberikan acetaminophen pada beberapa hari awal gejala demam mulai muncul. Dan kalau bisa, jangan berikan anak anda ibuprofen, yang mana ketika anda memberikan ibuprofen anda hanya akan menimbukkan resiko bahaya step yang bisa saja terjadi.

  1. Cobalah untuk meminta anak untuk berendam dalam air dingin

Memang benar adanya jika air dingin ini sangat bermanfaat untuk meringankan rasa gatal dan juga kemeragan pada anak akibat ruam cacar itu. Mintalah pada anak untuk berendam dalam air dingin kurang lebih selama 10 menit, dan lakukan cara ini setiap 4 jam sekali. Selain untuk meredakan rasa gatal, berendam di dalam air bisa juga menjadi sebuah terapi rumahan. Karena untuk cacar air ini sendiri hanya bisa tertular melalui kontak udara saja, bukan dengan kontak air. Namun harus anda garis bawahi sebelumnya ketika anda melakukan pengeringan badan, jangan sampai anda gosok-gosok dengan handuk yang anda gunakan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar anda tidak memecahkan cacar yang ada pada tubuh anda. Namun jika anak anda masih saja merasa gatal bahkan rasa gatalnya semakin buruk, anda harus segera mrnghubungi dokter atau pergi ke apotik terdekat agar mendapatkan obat antihistamin.

  1. Jangan berikan dot botol pada bayi yang terkena cacar
READ  Pengertian dan pengaruh demam berdarah dengue

Nah, jika bayi yang masih menyusui anda terkena cacar air yang parah. Ada baiknya jika anda menghindarkan bayi dari dot botol. Berikanlah sippy cup agar bayi bisa terhindari dari nyeri mulut yang semakin parah. Dan untuk mengurangi rasa nyeri pada dalam mulut yang anda rasana. Anda bisa menganjurkan mereka untuk berkumur dengan menggunakan cairan antiasid yang sangat berguna untuk meurunkan rasa nyeri yang dirasakan.

  1. Jangan biarkan anak menggaruk bagian titik ruam yang terkena cacar air

Sangat dianjurkan agar anda menggunting kuku anak anda ketika anak mulai memunculkan gejala cacar air. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar anak anada tidak mendapatkan masalah dengan infeksi bakteri yang bisa muncul ketika mereka menggaruk bintil cacar yang terasa gatal. Apalagi bagi bayi yang belum bisa menahan diri untuk menggaruk muka atau wajahnya. Sebaiknya gunakan pelindung tangan agar anak anda tidak meninggalkan bekas pada wajah yang digaruk. Selain itu, cara mengobati cacar air lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengajarkan anak anda untuk mencuci tangan dengan sabun antibakteri agar anak anda tidak terkontaminasi bakteri yang menempel pada mainan atau benda-benda yang disentuh.

READ  Beberapa Penyebab Utama Bronkiolitis Pada Anak

Sumber : www.parentingorami.co.id