Beberapa langkah penting yang harus kita ketahui untuk menjaga kesehatan keluarga.

Lingkungan yang sehat adalah kunci dari terciptanya keluarga yang sehat. Dengan tempat tinggal yang bersih. Sehingga kita dapat menjaga kesehatan keluarga dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, kebersihan rumah perlu dijaga dengan baik, dan ini merupakan tanggung jawab setiap anggota keluarga untuk menciptakan rumah yang bersih dan sehat yang sudah merupakan impian setiap orang. Meskipun rumah sudah dibersihkan secara rutin, namun kadang masih ada beberapa tempat yang luput dari perhatian, sehingga terlewat untuk dibersihkan. Padahal, tempat-tempat ini dapat menyimpan berbagai jenis kuman penyebab penyakit yang bisa membahayakan kesehatan keluarga. Selain itu, walaupun sedemikian faham bahwa kebersihan memanglah sangat berperan. Ternyata, masih banyak orang yang tinggal dalam rumah dalam keadaan kotor bahkan tidak memenuhi standar kesehatan. Padahal, kondisi tersebut dapat menjadi faktor tempat bagi virus, kuman, dan hama penyakit untuk berkembang biak, sehingga penghuninya dapat dengan mudah terkena berbagai penyakit, seperti diare, tifus, dan demam berdarah dengue (DBD). Berikut ini adalah tempat-tempat yang perlu lebih Anda perhatikan ketika sedang membersihkan rumah:

  • Dapur

Selain kamar mandi, dapur juga merupakan tempat yang sempurna bagi kuman untuk tumbuh subur. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa alat-alat dapur yang digunakan untuk mengolah makanan memiliki bakteri Salmonella dan E. coli lebih banyak, dibandingkan gagang keran di kamar mandi.

  • Kamar mandi
READ  Cara mengobati dan mencegah demam berdarah dengue

Bukan rahasia lagi bila kamar mandi merupakan area paling kotor di antara bagian rumah yang lain. Suhu yang cenderung hangat dan lembap memungkinkan bakteri serta jamur tumbuh.

  • Kamar tidur

Siapa yang menyangka bila kamar tidur tempat Anda dan keluarga beristirahat bisa menjadi sarang kuman. Kamar tidur yang tidak dibersihkan secara rutin dapat menimbun debu dan memungkinkan kuman, tungau, serta jamur untuk tumbuh. Berbagai sumber penyakit tersebut dapat hidup dan berkembang biak di mainan anak, karpet, bantal, atau tempat tidur. Akibatnya, Anda dan keluarga akan lebih mudah terkena berbagai penyakit, seperti flu, batuk, dan alergi.

  • Toilet/kloset, bak mandi, lantai kamar mandi, pegangan toilet, serta tirai shower merupakan bagian-bagian di kamar mandi yang perlu Anda bersihkan secara rutin.

Spons pencuci piring, serbet, dan talenan adalah benda-benda yang perlu Anda bersihkan setiap kali akan digunakan. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kontaminasi bakteri dan kuman ke makanan maupun ke peralatan masak lainnya. Jika perlu, gunakan cairan pembersih khusus untuk membasmi kuman di dapur.[1]

READ  Ini Dia Cacar Air Pada Anak Yang Harus Anda Kenali

“dilansir dari laman Klikdokter” mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kalimat ini sudah sering kita dengar. Namun, tetap saja kita sering lalai, sehingga sesuatu yang buruk terjadi pada diri kita ataupun orang-oang disekitar kita. Padahal, jika kita mau bertindak. Banyak sekali cara untuk menjaga kesehatan keluarga kita ataupun diri kita.untuk dapat menjaga kesehatan keluarga, lakukan beberapa langkah mudah dan sederhana ini.

  • Makanan bergizi sebagai sumber energi

Anda adalah apa yang Anda makan. Bila Anda dan keluarga mengonsumsi makanan yang kaya zat gizi, ini merupakan modal awal untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Makanan yang sehat akan membantu Anda dan seluruh keluarga untuk memiliki kecukupan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sumber protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan, tahu, dan tempe, sementara protein hewani dapat diperoleh dari konsumsi daging, telur, dan ikan. Sebagai sumber lemak yang sehat, pilihlah minyak zaitun atau minyak kelapa.

  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Banyak kuman penyebab penyakit yang berkeliaran di lingkungan sekitar. Karenanya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi penting, yang salah satu cara mudah dan efektif adalah dengan menanamkan pentingnya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir kepada anak.

  • Jadwalkan pemeriksaan kesehatan rutin
READ  Gejala demam berdarah dengue yang harus di waspadai

Banyak orang salah kaprah baru mendatangi fasilitas kesehatan hanya ketika sakit. Padahal, pemeriksaan kesehatan secara rutin juga penting. Lakukanlah pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali meskipun Anda tidak sedang sakit.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Selain makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak, kebutuhan mikronutrien seperti vitamin dan mineral pun harus terpenuhi. Selalu sediakan satu porsi sayur dalam setiap waktu makan. Selain kaya akan vitamin dan mineral, sayur dan buah juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan serta zat antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh.

  • Rajin berolahraga

Olahraga adalah salah satu bentuk investasi untuk masa tua nanti. Selain sebagai upaya untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan berat badan ideal, olahraga akan membuat jantung dan paru Anda tetap sehat. pastikan keluarga untuk berolahraga setidaknya 3–5 kali seminggu dengan durasi 30 menit untuk dapat menjaga kesehatan keluarga..

 

Sumber: Klikdokter.com

[1] Sumber referensi Alodokter.com