Beberapa indikator kesehatan keluarga yang dapat kamu terapkan sehari-hari

12 indikator utama sebagai penanda status kesehatan keluarga dalam rangka pelaksanaaan Program Indonesia Sehat. Sehingga hal tersebut menjadi pendorong kementerian kesehatan republik indonesia (kemenkes) tahun 2017, lalu dikeluarkanlah indikator utama, diantaranya sebagai berikut:

jika seluruh ibu dapat melakukan persalinan yang dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan, baik di puskesmas ataupun rumah sakit. Maka dapat dikatakan kesehatan keluarga sudah cukup baik. Tujuannya untuk menjaga proses persalinan dan mengurangi angka kematian sang ibu dan sicabang bayi.

Imunisasi merupakan pemberian kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit agar tubuh tahan terhadap penyakit tertentu. Imunisasi dasar lengkap untuk bayi juga menjadi salah satu indikator keluarga sehat.

  • Bayi mendapat air susu ibu (ASI) eksklusif

Indikator keluarga sehat yang dapat menjadi penentu kesehatan keluarga adalah ketika bayi mendapat ASI eksklusif selama minimal 6 bulan. Hal ini sangat disarankan terutama ketika seorang ibu tidak memiliki kendala dalam pemberian

  • Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan
READ  Beberapa langkah penting yang harus kita ketahui untuk menjaga kesehatan keluarga.

Penting bagi para orang tua untuk memperhatikan pertumbuhan anak sehingga tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik dan apabila ada kendala dalam masa pertumbuhan anak, orang tua dapat menanganinya dengan cepat.

  • Mengitu program KB

salah satu program pemerintah untuk menekan angka kelahiran di Indonesia dengan membatasi 2 anak dalam satu keluarga dan untuk mengatur jarak kelahiran satu anak dengan anak selanjutnya.

  • Pengobatan sesuai standar pada penderita tuberkulosis paru

Setelah indikator sebelumnya berhubungan dengan ibu dan anak, indikator keenam berfokus pada pengendalian penyakit menular dan tidak menular, salah satunya terhadap penyakit tuberkulosis paru.

  • Hindari rokok

Perilaku sehat, seperti tidak merokok menjadi salah satu indikator keluarga sehat yang diharapkan pemerintah. Hal ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak saja, tetapi diharapkan para orang tua dapat memberikan contoh kepada anak-anak untuk tidak merokok.

  • Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
READ  3 Cara Mencegah Bronkiolitis Pada Anak

Jaminan Kesehatan Nasional merupakan salah satu program yang disiapkan pemerintah melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan diharapkan seluruh masyarakat Indonesia bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai.

  • Keluarga mempunyai akses sarana air bersih

Penting dalam kesehatan untuk dipastikan setiap keluarga dapat memiliki akses sarana air bersih, baik untuk memasak, mandi, ataupun untuk minum.

  • Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat

pentingnya penggunaan jamban yang sehat dan bersih juga memiliki peran penting dalam kesehatan.

  • Melakukan pengobatan secara teratur pada penderita hipertensi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah akibat penyempitan pembuluh darah atau terjadinya peningkatkan volume darah. Jika dibiarkan, penyakit hipertensi dapat menyebabkan komplikasi dan memicu penyakit kronis lainnya.

  • Penderita gangguanjiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan
READ  Terapkan beberapa indikator keluarga sehat dalam lingkungamu

Selain itu, agar kesehatan keluarga bisa tetap terjaga, penerimaan anggota keluarga untuk merawat, membantu pengobatan, serta tidak menelantarkan sangat penting kita jaga.[1]

“dilansir dari laman Honestdocs” Ada beberapa konsep dalam indikator kesehatan keluarga dengan cara melakukan beberapa pendekatan keluarga, sepertihalnya:

  • Berkumpul

Seluruh anggota keluarga diharapkan dapat meluangkan waktu tanpa kesibukan dengan gawai (gadget), televisi, atau alat elektronik lainnya.

  • Berdaya

manfaatkan potensi yang dimiliki untuk membuat diri kita sendiri maupun keluarga agar tidak bergantung pada pihak lain.

  • Peduli dan Berbagi

Seluruh keluarga yang mampu dan lebih beruntung diharapkan mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain.

  • Berinteraksi

Luangkan waktu sejenak untuk sekedar bercengkrama, serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas.

Sumber: Honestdocs.com

[1] Sumber Healthdetik.com