3 Cara Mencegah Bronkiolitis Pada Anak

 

Melakukan pencegahan sebelum datangnya penyesalan memang suatu langkah yang baik. Inilah yang harus anda lakukan pada anak anda, sebaiknya anda mulai melakukan beberapa cara mencegah bronkiolitis pada anak anda. Sebelum anda merasa menyesal dan repot untuk mengobati bronkiolitis pada anak anda. Sebelum melakukan pembahasan lebih jauh terkait cara mengobati bronkiolitis, ada baiknya untuk anda mengenal terlebih dahulu apa itu bronkiolitis. Penyakit bronkiolitis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri ataupun virus yang menyerang paru-paru pada anak.

Sebagai upaya pencegahan dini, pastikan anak anda selalu melakukan cuci tangan dengan bersih setelah mereka bermain dengan mainannya atau dengan teman-temannya. Terutama ketika mereka hendak makan, ini adalah salah satu cara mencegah bronkiolitis pada anak. Karena virus bronkulus yang sering menyerang anak-anak ini biasanya bersarang pada mainan dan tangan yang kotor. Selain itu anda juga harus memberikan nutrisi yang seimbang dan juga baik di setiap hari si kecil. Hal ini bisa membantu tubuh anak meningkatkan system kekebalan tubuh seara optimal. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir akan virus yang sedang mengintai buah hati anda. Kalau bisa, anda wajib memberikan vaksinasi secara rutin pada anak sesuai denagn jadwal imunisasi yang diberikan oleh tim medis sebagai salah satu pencegahan anak terkena penyakit. Selain itu, anda juga harus segera memindahkan anak dari paparan asap rokok yang sangat membunuh. Jika anda tidak melakukan itu, anak anda akan mulai mendapatkan dampak negative dari asap rokok tersebut.

READ  Beberapa Penyebab Utama Bronkiolitis Pada Anak

Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengobati anak yang terkena bronkiolitis adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan antibiotic

Penggunaan antibiotic pada anak merupakan salah satu cara mencegah bronkiolitis yang cerdas. Namun perlu anda haris bawahi sebelumnya, bahwa mengobati bronkiolitis dengan menggunakan antibiotic hanya diberikan kepada mereka yang disebabkan oleh bakteri. Beda halnya jika anak anda terkena penyakit ini dikarenakan sebuah virus. Anda bisa mengkonsultasikannya langsung dengan dokter anak anda untuk hasil yang maksimal.

  1. Gunakan obat batuk

Tahukah anda bahwa mengidap batuk berdahak adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi pengidap bronkiolitis. Karena batuk jenis ini akan membantu si penderitanya mengeluarkan beberapa penyebab iritasi pada paru-paru dan juga saluran udara. Anda bisa memberikan obat batuk tersebut, apabila anak anda susah untuk tidur. Harus anda ingat, bahwa penggunaan obat batuk, seharusnya diberikan sesuai dengan jenis batuk yang dimiliki oleh si penderita, dan bagi anak dibawah usia 6 tahun. Sangat tidak disarankan untuk pemberian obat batuk, kecuali dengan izin dan resep dokter.

READ  Gejala demam berdarah dengue yang harus di waspadai

2. Menggunakan jenis obat-obatan lainnya

Obat-obatan jenis lainnya yang bisa anda gunakan adalah obat alergi, asma, ataupun PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik. Upaya pemberian obat ini biasanya diberikan kepada mereka yang memiliki riwayat bronkiolitis akut. Sehingga terkadang mereka membutuhkan inhaler sebagai alat pembantu agar mereka bisa meredakan penyempitan dan juga peradangan pada bagian saluran udara anda.

Sekian informasi yang bisa diberikan terkai dengan cara mengatasi bronkiolitis pada anak. Selalu pastikan anak anda tumbuh dalam lingkungan yang bersih dan hijau. Proteksi ini bukan berarti membuat anda membatasi anak untuk melakukan hal yang mereka mau. Namun lebih tepatnya mengawasi aktivitas bermain mereka dibawah pengawasan yang higienis. Sehingga mereka tetap bisa bereksplorasi dengan lingkungannya tanpa dibatasi oleh apapun.

READ  Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Yang Baik Dan Benar

Sumber :

www.halodoc.com

www.health.detik.com